Mata kuliah ini mempelajari tentang tata kelola pada suatu perusahaan komersial untuk menghasilkan suatu produk bibit ayam petelur atau pedaging pada level tetua langsung (Parent Stock) hingga produk akhir (end product) ayam umur satu hari (day old chick / DOC) dengan level Final Stock (FS). Diharapkan mata kuliah ini dapat mengatasi kendala ketrampilan yang diperoleh saat di bangku kuliah dengan kebutuhkan kompetensi industri dan dunia kerja dan industri, terutama penguasaan ketrampilan berbasis digital dan skala besar atau industri. Mata kuliah ini juga menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih dinamis, kompetitif, yang didorong oleh permintaan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan dalam pengelolaan industri perbibitan ayam yang produk akhirnya akan diperlukan oleh industri budidaya ayam petelur maupun pedaging.

Mata kuliah ini dapat mengisi kesenjangan keterampilan yang diberikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan di dalam dunia kerja dan industri terutama transformasi digital dalam system perkadangan. Iklim tropis yang cenderung semakin panas sangat tidak menguntungkan bagi kehidupan ayam. Suhu yang tinggi menyebabkan produktivitas ayam rendah, ayam tidak mampu menampilkan potensi genetic secara maksimal. Akibat selanjutnya adalah produktivitas rendah, efisiensi rendah dan tidak menguntungkan. Karena itu upaya inovasi yang mampu menciptakan suasana kandang bisa menjadi sejuk yaitu suhu ruangan berkisar 20-26 C sangat diperlukan. Kandang system closed house adalah salah satu alternative yang dapat menciptakan suasana kandang dapat dikendalikan, mulai dari suhu, co2, amoniak, dan kecepatan angin dapat dikendalikan. Jika ini terjadi maka produktivitas ayam petelur akan meningkat sesuai dengan potensi genetiknya.

Mata kuliah ini dapat mengisi kesenjangan keterampilan yang diberikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan di dalam dunia kerja dan industri terutama transformasi digital dalam formulasi pakan dan logistic pakan yang terjadi di banyak industri sehingga perubahan ini membuat kesenjangan keterampilan antara lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja dan industri. Mata kuliah ini juga menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih dinamis, kompetitif, yang didorong oleh permintaan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan dalam berbagai bidang teknologi dan formulasi pakan ungags yang dibutuhkan industri dan kewirausahaan.

Mata kuliah ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang prinsip dan tujuan dalam pengendalian penyakit di peternakan ayam petelur dengan system close house,mengetahui faktor penyebab penyakit, mengetahui gejala ternak yang terserang penyakit serta dapat menganalisis keberhasilan program pengendalian penyakit.

Mata kuliah ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang manajemen (organisasi, produksi, keuangan, dan pemasaran) bisnis ayam ras; menumbuhkan motivasi berusaha; melatih keterampilan dalam mengidentifikasi peluang, memunculkan ide, dan penyusunan model bisnis ayam ras.