Jika nilai penting "Islam berkemajuan" yang kemudian diimplementasikan untuk membangun pendidikan oleh KH Ahmad Dahlan telah berhasil memberikan kontribusi yang begitu besar di dunia pendidikan masa kini (setelah 100 tahun kemudian), maka apa yang akan terjadi, ketika nilai penting ini dipertahankan dan diperjuangkan, pada 50 tahun masa depan pendidikan di Indonesia mendatang?
Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Number of replies: 11
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
oleh 201910230311496 Lisa tamila -
Menurut saya jika nilai penting yang mengedapankan kemajuan berbasis islam tentu akan memberikan kontribusi yang semakin besar untuk Indonesia terlebih 50 tahun ke depan khususnya dalam bidang pendidikan. Nilai penting ini akan melahirkan banyak generasi yang berjiwa "leadership" dan tentunya memiliki wawasan keilmuan yang luas.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
izin berpendapat, melihat perjuangan Muhammadiyah terutama di bidang pendidikan begitu banyak berkontribusi, maka kemungkinan baik bahwa pendidikan akan terus berkembang secara berkemajuan. Tak lupa perjuangan awal Muhammadiyah juga diawali melalui pembenahan di bidang pendidikan. Pendidikan sendiri menurut saya salah satu kunci utama untuk menjadikan sebuah bangsa yang unggul dan berkemajuan di masa mendatang, sebab disitulah terlahir masyarakat unggul sebagai penerus bangsa. Nilai penting yang menjadikan berhasilnya visi misi dan tujuan Muhammadiyah patut dipertahankan, karena dari nilai tersebut sudah terlihat keberhasilan yang begitu besar. Mungkin di masa mendatang juga perlu dilakukan pembaharuan mengikuti perkembangan zaman.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Nilai penting yang dipertahankan selama 50 tahun kedepan menurut saya masih sangat relevan untuk dipertahankan, karena nilai penting dari pendidikan Muhammadiyah yang dibangun oleh KH. Ahmad Dahlan sudah teruji dari 100 tahun yang lalu. menggagas tentang pendidikan berbasis islam modern sudah melahirkan banyak perubahan besar bagi bangsa Indonesia. selain nilai penting dalam pendidikan 50 tahun kedepan tetap harus menyesuaikan dengan kemajuan zaman terutama pada pengetahuan dan penerapan teknologi dalam pembelajaran sehingga kualitas pendidikan di Muhammadiyah mampu bersaing dengan kualitas pendidikan di dalam maupun di luar negeri, baik secara pengetahuan maupun karakter yang dihasilkan sesuai dengan ajaran islam.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
oleh 201910180311010 DIANA RATIH -
Menurut saya nilai penting "Islam berkemajuan" sangat penting tidak hanya 50 tahun saja tapi lebih dari itu, pendidikan dengan memasukkan sistem-sitem islam tentu harus ada. Melihat bahwasanya Indonesia adalah negara islam terbesar di dunia tentunya nilai-nilai islam harus diterapkan, Muhammadiyah sudah berkontribusi lebih dari 1000 tahun dalam pendidikan hal tersebut sudah menjadi bukti bahwa nilai yang dibawa oleh Muhammadiyah dalam pendidikan sangat berkualitas membangun peradaban dan tentu saja hal tersebut harus diteruskan untuk membangun peradaban yang lebih maju dengan terus berdampingan dengan sistem-sitem pendidikan yang terus modern. Islam adalah agama yang mengatur hal besar seperti negara sampai hal kecil tentang tata cara makan yang benar jadi jika diimplementasikan juga untuk pendidikan tentu saja akan selalu relevan dengan keadaan. 50 tahun yang akan datang akan banyak sekali terjadinya perubahan dari segi teknologi maupun budaya sehingga hal tersebut harus selalu diiringi dengan nilai-nilai keislaman yang harus ikut andil didalamnya, namun bentuk implementasi nilai implementasi berkemajuan harus menyesesuikan dengan zamannya. Dengan begitu Muhammadiyah akan terus dapat melahirkan anak bangsa yang berkualitas dengan tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Izin menanggapi dan sedikit minta pendapat dari teman-teman juga karena sudah sangat banyak sekali yang menjawab dari pertanyaan bapaknya, jadi saya ingin meminta pendapat terkait apa yang saya masih bingungankan selama. seperti yang ditanyakan oleh bapaknya mengenai nilai penting Islam berkemajuan yang kemudian diimpelementasikan oleh KH Ahmad Dahlan dan berhasil memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan pada masa kini, dan ketika 100 Tahun kemudian apakah masih relevan, ketika nilai penting ini dipertahankan dan diperjuangkan, pada 50 tahun masa depan pendidikan Indonesia mendatang? , mengingat saja mengenai problema metode pendidikan yang terus beruhah-rubah setlah pergantian 5 tahun/ perperiode pergantian jabatan presiden, selalu saja mentri pendidikan mengubah, merivisi dan merobak didalam kajian tentang metode pendidikannya ? menurut teman- teman jika dikaitkan dengan Nilai penting yang telah dibangun Oleh KH Ahmad Dahlan apakah masih bisa dipertimbangkan ? terimakasih
In reply to 201910180311107 IRSYADUL IBAD ABDILLAH
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Izin menjawab dari permintaan pendapat oleh Mas Isryadul Ibad, jika dikatakan relevan mungkin menurut saya masih relevan namun mungkin ada sedikit perubahan karena harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan mengikuti arus teknologi.
Kemudian mengingat problematika metode pendidikan Indonesia yang berubah setiap 5 tahun mengikuti dengan pergantian jabatan presiden, mungkin hal ini menurut saya sangat positif disamping adanya dampak negatifnya. dengan adanya pergantian tersebut sejatinya perubahannya adalah menuju arah yang lebih baik. Karena perubahan yang dilakukan seperti Kurikulum, hal ini bertujuan untuk memperbaharui beberapa panduan dalam pembelajaran dengan yang terbaru. pembaharuan ini disesuaikan dengan perkembangan zaman ke arah yang lebih modern. Seharunya setiap adanya perubahan ini diimbangi juga dengan peningkatan pendidikan dan fasilitasnya khususnya pada daerah terpencil, karena belum tentu daerah tersebut juga bisa cepat mengikuti perubahan kurikulum yang dilakukan oleh mentri.
Kemudian mengingat problematika metode pendidikan Indonesia yang berubah setiap 5 tahun mengikuti dengan pergantian jabatan presiden, mungkin hal ini menurut saya sangat positif disamping adanya dampak negatifnya. dengan adanya pergantian tersebut sejatinya perubahannya adalah menuju arah yang lebih baik. Karena perubahan yang dilakukan seperti Kurikulum, hal ini bertujuan untuk memperbaharui beberapa panduan dalam pembelajaran dengan yang terbaru. pembaharuan ini disesuaikan dengan perkembangan zaman ke arah yang lebih modern. Seharunya setiap adanya perubahan ini diimbangi juga dengan peningkatan pendidikan dan fasilitasnya khususnya pada daerah terpencil, karena belum tentu daerah tersebut juga bisa cepat mengikuti perubahan kurikulum yang dilakukan oleh mentri.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Menurut saya nilai penting mempertahankan "Islam Berkemajuan" dalam membangun pendidikan pada 50 tahun masa depan pendidikan indonesia mendatang akan mampu menghasilkan generasi muda yang memiliki ilmu yang tinggi diimbangi dengan teknologi perkembangan zaman yang semakin modern serta tetap memiliki landasan keagamaan yang kuat. Proses pengembangam pendidikan muhammadiyah yang dimulai dari pendidikan dasar, menengah dan tinggi harapannya mampu mewujudkan generasi muhammadiyah yang terdidik sedini mungkin, hingga nantinya dapat mewujudkan nilai islam berkemajuan dalam pendidikan hingga 50 tahun mendatang dengan generasi yang berjiwa pemimpin dan sosialis serta penguasaan Iptek yang mumpuni.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Mohon izin berpendapat, ketika nilai penting “Islam berkemajuan” tersebut dipertahankan dan diperjuangkan, tentu saja dari konteks sebelumnya yang memberikan kontribusi besar saat ini akan juga berdampak besar pada masa depan pendidikan 50 tahun selanjutnya. Tentu saja seiring perkembangan zaman, banyak pembaharuan di bidang-bidang tertentu seperti teknologi, budaya, sosial dan juga khususnya pendidikan. Apabila nilai penting tersebut terus dipertahankan sebagai indikator penunjang kemajuan sebagaimana kita sebagai manusia yang ingin berbuat kebaikan tentu saja harus memiliki akhlak/perilaku yang baik dengan adanya dasar Islam pada diri, diharapkan juga implementasinya di kehidupan sehari-hari. Ini juga diiringi dengan aspek kemajuan pada nilai penting tersebut. Tetap menjadi pribadi unggul dan tentu beriman, berperilaku baik dan berinovasi mewujudkan gagasan-gagasan dalam pendidikan di Indonesia. Untuk itu tentu saja nilai penting tersebut masih sangat relevan untuk tahun-tahun yang akan datang. Namun perlu juga diperhatikan seiring perkembangan zaman.
Terima kasih, mohon maaf apabila ada kata-kata yang keliru.
Terima kasih, mohon maaf apabila ada kata-kata yang keliru.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
oleh 201910170311030 Suzana -
Izin berpendapat, menurut saya jika nilai penting dari "Islam Berkemajuan" yang diwujudkan untuk membangun pendidikan dan dipertahankan serta diperjuangkan hingga 50 tahun mendatang, maka tentunya atas izin Allah akan semakin baik dan Muhammadiyah semakin mampu memberikan kontribusi yang semakin besar untuk Indonesia. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan sebuah kunci utama untuk membangun sebuah negara yang beradab, berkemajuan, cerdas, dan unggul. Sehingga dengan begitu, kontribusi Muhammadiyah untuk Indonesia khususnya bidang pendidikan, maka sangat berarti bagi Indonesia dan masyarakat Indonesia. Cita-cita dari Muhammadiyah patut dipertahankan karena cita-cita yang dimiliki Muhammadiyah merupakan cita-cita yang mulia untuk kemajuan bangsa dan negara.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Islam berkemajuan yang telah diimplementasikan hingga kini telah memberi kontribusi besar dengan memberikan inovasi untuk terus mengembangkan wawasan tanpa melupakan nilai-nilai Islam. Ketika nilai penting ini terus dipertahankan dan diperjuangkan pada 50 tahun mendatang, pendidikan Indonesia akan terus membuka pintu perubahan yang tidak menolak perkembangan zaman dan terus berinovasi dengan nilai-nilai kebaikan menyertai. K.H. Ahmad Dahlam mempelopori Islam berkemajuan sebagai sebuah jargon dan cita-cita memberikan posisi kepada akal untuk memahami permasalahan kehidupan sekaligus memahami agama sehingga menghadirkan maslahah atau kebaikan. Hidupkan rasionalitas dalam kehidupan agama. Muhammadiyah terus melakukan islah yaitu perbaikan-perbaikan. Maka, hal ini akan berujung membawa pendidikan Indonesia terus berevolusi menjadi lebih baik dan membawa dampak besar terhadap generasinya untuk tidak berdiam di tempat agar terbentuk karakter yang kuat demi diri sendiri, masyarakat, serta bangsa.
In reply to Hasnan Bachtiar, S.HI., MIMWAdv bachtiar@umm.ac.id
Re: Masa Depan Pendidikan Muhammadiyah
Nilai penting “Islam Berkemajuan” diimplementasikan untuk membangun pendidikan saat ini. Jika nilai penting tersebut dipertahankan hingga 50 tahun kedepan terhadap pendidikan di Indonesia makan ini dapat menjadi sumber kekuatan dalam perkembangan islam d imasa yang akan datang sehingga akan adanya perkembangan teknologi, pola pikir dan gerakan kemanusiaan yang lebih modern. Hal ini juga dapat membuat pada 50 tahun kedepan banyaknya ilmuwan muslim yang berperan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di dunia.