Deskripsi Blok

Blok InterProfesional Education (IPE) merupakan blok ke 21 yang merupakan blok terakhir dalam tahap akademik. Blok IPE terletak di blok ketiga semester 7 atau blok keenam di tahun keempat. Kegiatan akademik dari blok ini akan selesai dalam waktu 6 minggu yang meliputi 4 unit pembelajaran (IPE, Evidence Based Medicine (EBM), dan Proses klinik) yang terbagi menjadi 4 skenario. Blok ini akan memberikan para mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan klinik, ketrampilan penulisan resep dan beberapa masalah klinis atau masalah kesehatan masyarakat dari berbagai bidang klinik secara terintegrasi dengan melibatkan mahasiswa dari profesi kedokteran, keperawatan, farmasi dan fisioterapi. Blok ini akan mengintegrasikan berbagai aspek interprofesional education, evidence based medicine, epidemiologi klinik, etika kedokteran, farmakologi, neurologi, forensik, rehabilitasi medik, bedah dan kedokteran keislaman. Berbagai strategi pembelajaran akan dilaksanakan dalam beberapa kegiatan seperti kuliah, tutorial, role play/simulasi dan laboratorium praktis serta ketrampilan klinik untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana untuk secara aktif dan efektif mempelajari isi blok. Blok ini juga akan memperkenalkan mahasiswa kerja praktek di masyarakat sebagai bagian dari aspek ilmiah, sosial dan komunikasi kegiatan belajar dan pelaksanaan perilaku profesional dalam lingkungan belajar. Dalam rangka untuk secara komprehensif memahami isi blok dan tujuannya, mahasiswa juga harus mempelajari berbagai keterampilan klinis seperti komunikasi breaking bad news, ketrampilan pemeriksaan fisik, diagnostik, praktek laboratorium dalam : kasus forensik (pemeriksaan tanda-tanda asfiksia, tenggelam; deskripsi luka; derajat luka; luar jenazah; properti mayat; lebam mayat; kaku mayat; korban trauma dan deskripsi luka; patah tulang; bercak darah; fotografi forensik), kasus penurunan kesadaran/koma, sirkumsisi dan perawatan jenazah sebagai dokter muslim. Ujian akhir blok digunakan untuk menilai pengetahuan mahasiswa sedangkan OSCE (objective structured clinical examination) digunakan untuk menilai ketrampilan klinik. Proses belajar mahasiswa yang dapat menunjukkan ketrampilan critical appraisal, clinical reasoning dan ketrampilan komunikasi serta perilaku profesional juga akan dinilai melalui proses tutorial.
(No announcements have been posted yet.)