Deskripsi Blok
Blok InterProfesional Education (IPE) merupakan blok ke 21 yang merupakan blok terakhir dalam tahap
akademik. Blok IPE terletak di blok ketiga semester 7 atau blok keenam di tahun keempat. Kegiatan akademik dari
blok ini akan selesai dalam waktu 6 minggu yang meliputi 4 unit pembelajaran (IPE, Evidence Based Medicine
(EBM), dan Proses klinik) yang terbagi menjadi 4 skenario. Blok ini akan memberikan para mahasiswa dengan
pengetahuan, keterampilan klinik, ketrampilan penulisan resep dan beberapa masalah klinis atau masalah kesehatan
masyarakat dari berbagai bidang klinik secara terintegrasi dengan melibatkan mahasiswa dari profesi kedokteran,
keperawatan, farmasi dan fisioterapi.
Blok ini akan mengintegrasikan berbagai aspek interprofesional education, evidence based medicine,
epidemiologi klinik, etika kedokteran, farmakologi, neurologi, forensik, rehabilitasi medik, bedah dan kedokteran
keislaman. Berbagai strategi pembelajaran akan dilaksanakan dalam beberapa kegiatan seperti kuliah, tutorial, role
play/simulasi dan laboratorium praktis serta ketrampilan klinik untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana
untuk secara aktif dan efektif mempelajari isi blok. Blok ini juga akan memperkenalkan mahasiswa kerja praktek di
masyarakat sebagai bagian dari aspek ilmiah, sosial dan komunikasi kegiatan belajar dan pelaksanaan perilaku
profesional dalam lingkungan belajar. Dalam rangka untuk secara komprehensif memahami isi blok dan tujuannya,
mahasiswa juga harus mempelajari berbagai keterampilan klinis seperti komunikasi breaking bad news, ketrampilan
pemeriksaan fisik, diagnostik, praktek laboratorium dalam : kasus forensik (pemeriksaan tanda-tanda asfiksia,
tenggelam; deskripsi luka; derajat luka; luar jenazah; properti mayat; lebam mayat; kaku mayat; korban trauma dan
deskripsi luka; patah tulang; bercak darah; fotografi forensik), kasus penurunan kesadaran/koma, sirkumsisi dan
perawatan jenazah sebagai dokter muslim.
Ujian akhir blok digunakan untuk menilai pengetahuan mahasiswa sedangkan OSCE (objective structured
clinical examination) digunakan untuk menilai ketrampilan klinik. Proses belajar mahasiswa yang dapat
menunjukkan ketrampilan critical appraisal, clinical reasoning dan ketrampilan komunikasi serta perilaku
profesional juga akan dinilai melalui proses tutorial.
(No announcements have been posted yet.)